Halal Haram

Ahad, 07 ramadhan 1429 H

Jogjakarta, Ahad, 07 ramadhan 1429 H

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ^_^

Kajian Ramadhan @ Masjid Mardliyah

By : Ustad Nanung Danardono (Sekretaris LPPOM MUI Jogja)

Perspektif Halal Haram Produk & Makanan 1

  • AYAM

Ciri – ciri ayam sehat dan bangkai:

Pembeda

Ayam Sehat

Ayam Bangkai

Warna

Kuning segar

Merah2 (darah masih terjebak di dalam)

Tekstur kulit

Halus

Pori – pori bekas lubang bulunya lebar

Dagingnya

Kalau dipencet bisa kembali seperti semula

Kalau dipencet cekung/ lengket

Bau

Harum

Busuk (karena bakteri bekerja, berkembangbiak dengan cepat)

Harga

24-26 ribu(ayam potong)

50 ribu (ayam kampung)

Murah banget !

Daging bangkai yang biasa dijual di Jogja di Terban, berasal dari Boyolali. Hati – hati ada yang jual dalam bentuk ayam goreng atau panggang, apalagi ditawarkan dengan harga 20 ribu. Sudah ada 2 orang yang terbiasa menjual di pasar Terban tersebut. Begitu juga di stasiun Lempuyangan, stasiun kereta Api ekonomi. Ayam, dijual dalam bentum gudeg, harganya kok Cuma 5.000, padahal harga dagingnya aja mahal.

  • DAGING SAPI

Kebanyakan di jual di Kranggan. Harga sapi kurang lebih 7 juta, kalau sehat. Kalau bangkai 1,5 – 3 juta, sekarat 2,5-3 juta. Banyak pula yang dioplos antara daging sapi +babi.

Beda daging sapi dan babi :

Pembeda

Daging sapi

Daging Babi

Warna

Merah tua

Merah muda, dan dibeberap bagian ada kuning-kuningnya

Tekstur

Lebih kasar. Dan kalau direndang agak alot.

Lebih halus. Dan kalalu direndang empuk.

Bau

Harum

Tengik dan pesing

Harga

58-60 ribu

Kalau lemak tipis 18 ribu. Rata – rata 15 ribu.

Lemak

Putih. Pada suhu kamar bentuk padat, bisa diteteli (diambil sedikit2)

Kuning, krem. Pada suhu kamar lenyek, tidak bisa diambil sedikit2.

Daging babi pesing karena kantong urine sering bocor, sehingga sering merembes ke dagingnya.

  • Penggilingan yang halal?

  • ada di jln. Magelang

  • ada di jalan kaliurang, Sariandini.

Hati – hati juga spageti, sosis, sambal goreng ati dagingnya campuran apa tidak, bangakai atau tidak. Harus lebih teliti lagi.

daging ayam sehat kalau digoreng gurih dan enak.

daging ayam bangkai kalau digoreng, kalau kita kelupas akan muncul aroma busuk dan warnanya ada coklat – coklatnya.

Kalau beli ayam lihat lehernya, bekas sembelihannya. Banyak ayam bangkai yang disembelih setelah mati.

Ayam hidup setelah disembelih, kelihatan leher ketarik agak lebar.

Ayam mati ketahuan bekas peneymbelihan yang sangat rapih, bahkan mungkin hanya kecil sekali bekas penyembelihannya.

Steak ?, hati –hati juga, banyak juga yang memakai arak sebagai perendam dagingnya.

14 Ramadhan 1429 H

Perspektif Halal Haram Produk & Makanan 2

  • KUAS

90 % menggunakan bulu babi. Warung –warung ikan, daging bakar kebanyakan juga menggunakan kuas untuk mengoleskan bumbunya. Cirinya tes aja, dicoba dibakar, kalau baunya seperti rambut berarti itu dari bulu babi. Begitu juga dengan kuas untuk cat, dll. Pernah di sebuah toko, apakah ini halal?. Penjual berjilbab semua, dan mereka yakin bahwa itu halal (toko roti). Setelah diperiksa, ternyata ada 1, yaitu kuasnya dari bulu babi. Waspadalah!!!

  • Penggilingan Daging

< 2% pedagang bakso yang punya penggilingan daging sendiri, karena penggilingan (alatnya) mahal.

Realitanya ::

        • di pasar patok penggilingan campur babi

        • di pasar kranggan juga tidak menolak babi.

Acara di anTV jam 11malem, Rabu,. Menyiarkan, daging sapi gelonggong (daging sapi basah) sebelum disembelih dikasih minum air yang banyak. Air itu bisa menambah berat sapi hingga 30 %. Jadi, sapi mati sebelum disembelih, dan darah yang keluarpun hanya sedikit.

Ciri – ciri daging sapi sehat dan gelonggong :

Pembeda

Daging Sapi sehat

Daging Sapi gelonggong

Di bawahnya, adakah ember?–> kalau digantung

Tidak, karena tidak berair

Ada, karena ada air dari daging (dibawah gantungan daging)

Keadaan daging

Kering, kasar.

Penampilan daging itu basah terus.

Tekstur

Tidak cepat rusak

Cepat rusak

aroma

Harum, tidak bau.

Bau

Tatanan di keramik

(kalau tidak digantung)

Biasa aja, datar.

Tatanannya miring, agar air bisa menetes.

harga

60 ribu ke atas

30-40 ribu.

Jangan menyembelih sapi dengan memotong sum – sum tulang belakangnya. Karena akibatnya akan fatal. Itu yang menghubungkan kotak kecil dengan jantung. Sehingga yang seharusnya jantung memompa maksimal darah keluar ketika disembelih di depan / leher, karena sum – sum tulangnya dipotong, maka darah tidak maksimal, dan daging cepat bau.

Tempointeraktif.com di Solo, razia daging gelonggong, banyak penjual daging sapi yang tertangkap, ternyata dendanya hanya 50 ribu.

Darah yang digoreng (saren), ternyata ada yang dicampur di gudeg, HATI- HATI!. Kreceknya juga. Ternyata banyak yang dari Sulawesi, dan penyembelihannya dengan ditusuk jantungnya.

QS. Al Baqarah : 173

QS. AN NISA’ :3

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ^_^

Responses

  1. Na’udzubillah… waduh jadi ngeri juga nih mau makan di warung2.. maklum anak kos, sebelum2 ini sih sering banget makan ayam dg harga 5500 (gak sama es teh). Itu kadang2 kalo sy buka dagingnya ada kayak spot coklat2 di bagian dalam daging, bangkai kah? Trus kalo daging ayamnya berwarna merah2 pucat (padahal dah digoreng) ato agak semu hitam??
    Solusi amannya gimana pak, apa cukup asupan protein dari lele/tempe/ikan laut tanpa dari produk poultry ato red meat?

    Zen, Maguwoharjo

  2. hmm… mungkin bs ditanyakan langsung ke ustadz Nanung nggih…

  3. Hmm.. jadi harus benar – benar teliti bgt nie memilih daging yang sehat..
    makasi infonya ya ..??

  4. iya… halal n thoyyib…^^

  5. setuju skrg musti hati2 karena smay sdh g mnjamin lagi
    brpredikat halal g musti produky jga halal so lbh baik masak sndri dri pada mmbeli cepat saji


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: