Akibat Kedholiman

Suatu hari seorang nelayan pulang dari melaut dengan membawa hasil seekor ikan yang sangat besar. Tiada henti ia memuji Allah atas karunia yang tak terkira ini. Namun di tengah jalan seorang Penguasa mengambil paksa ikan hasil tangkapan nelayan tersebut. Dan iapun tidak berdaya menghadapi kedhaliman penguasa yang semena-mena ini.

Adapun sang penguasa perampas ikan tadi segera membawanya pulang untuk dimasak. Baru saja ikan dikeluarkan, tanpa disangka langsung menggigit  jari tangan si penguasa. Sakitnya tak tertahankan. Ia pun segera memanggil dokter, dan tanpa disangka pula dokter memutuskan untuk segera mengaputasi jari penguasa tadi, karena ternyata gigitannya beracun.

Setelah jari dipotong ternyata sakit masih terasa, karena racun sudah menyusup ke telapak tangan. Telapak tanganpun akhirnya diamputasi. Tapi ternyata racun tersebut sudah masuk ke lengan tangannya. Akhirnya lengan tanganpun dipotong, tapi racun tersebut sudah terlanjur menyebar ke sekujur tubuhnya.

Seorang shalih yang mengetahui penyebab sakitnya penguasa tadi memberi masukan kalau derita penguasa tiada ‘kan mungkin berakhir, sampai ia minta maaf kepada nelayan yang telah mendapatkan ikan tersebut.

Nasihat orang shalih tersebut ia turuti. Setelah sebelumnya mencari sekian lama, ia pun akhirnya bertemu dengan nelayan tadi dirumahnya. Ia pun bercerita tentang penderitaannya, yang ia yakini sebagai akibat kedhalimannya kepada sang nelayan. Ia meminta maaf dan mengharapkan keridhaannya. Sang nelayan pun dengan tulus memaafkan dirinya.

Kemudian sang penguasa bertanya : “Kutukan apakah yang kau ucapkan atasku sehingga aku jadi menderita seperti ini ?” Sang nelayanpun  menjawab : “Aku hanya mengucapkan satu kalimat saja, yaitu : “Ya Allah, dia sudah menunjukkan kekuatannya atas diriku, maka tunjukkanlah Kekuatan-Mu atas dirinya.

Hati-hatilah terhadap doa orang yang teraniaya, Tiadalah ia  berdoa, kecuali Allah pasti akan mengabulkan doanya (Al Hadits).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: