Posted by: mediasholeha | September 15, 2013

Kita tidak lebih baik dari mereka

3 tahun yang lalu sempat ngobrol-ngobrol dengan seorang nenek. Usianya sudah hampir 80 tahun. Ia menceritakan kisah hidupnya dan memberikan sedikit nasihat kepada saya. Kisah hidupnya dulu sangat membahagiakan. Semua kebutuhan bisa terpenuhi. Suatu saat sang suami meninggal. Mulai saat itulah kesedihan melanda sang nenek. Ia bingung hendak kemana. Anak-anaknya sudah sukses dan tinggal di luar kota. Akhirnya ia memilih untuk tinggal di salah satu rumah anaknya. Karena sudah lansia, hari-harinya diisi dengan bersilaturahmi ke tetangga kanan kiri rumah anaknya. Ia menyampaikan nasihat bahwa kita itu sudah diberi nikmat yang banyak sama Allah. Oleh karenanya, kita harus bersyukur. Dan kita pun harus punya amal unggulan yang itu tidak diketahui oleh orang lain. Nenek setiap mau tidur membaca surat Yaasin. Setiap malam. Sambil merenungkan maknanya. Masya Allah… Di usianya yang sudah senja, beliau mempunyai amalan unggulan untuk dipersembahkan kepada Allah. Bagaimana dengan kita?

Seringkali kita merasa lebih dari orang lain karena kita punya kedudukan, harta, dan paras yang menawan. Seolah-olah kita lebih mulia. Ingin dihargai dan dihormati. Kita juga mungkin pernah meremehkan orang lain karena penilaian kita yang hanya berdasarkan parameter duniawi. Sangat disayangkan jika itu terjadi. Kita tidak pernah tahu bagaimana kedudukan orang tersebut dihadapan Allah. Lalu, bagaimana kita mengetahui kedudukan kita di hadapan-Nya? Kata para ulama, jika ita ingin mengetahui kedudukan kita di hadapan Allah, maka tanyakanlah pada dirimu bagaimana kedudukan Allah di hatimu?

Kita sibuk mencari-cari kesalahan orang lain, tapi sangat jarang kita mengoreksi diri kita sendiri. Sekali lagi, kita tidak lebih baik dari mereka. Karena bisa jadi mereka sangat mulia di hadapan Allah. Sibukkanlah diri kita untuk mencari ridho Allah. Insya Allah… semoga kita selamat di dunia dan di akhirat. Aamiin…^___^


Responses

  1. rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina adzabannaar…

    * iya shalihat, amin… amin ya rabbal’alamin… :’)

  2. Aamiin… ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: