Posted by: mediasholeha | August 16, 2012

Tumbuh kembang anak (3)

3 TAHUN

By: Dra. Med. Helyantini Soetopo, S. Psi

Pada usia tiga tahun, umumnya anak-anak menggunakan semua keterampilan yang dimiliki dengan baik. Keterampilan tersebut mencakup pertumbuhan fisik, kemahiran berbicara dan berkomunikasi, aktivitas motorik kasar dan halus, serta kemampuan emosional dan sosialisasi. Anak mulai tumbuh mandiri.

Perkembangan motorik kasar anak ditandai dengan kemampuannya berlari. Orang tua perlu menyediakan tempat yang layak, leluasa dan aman karena anak-anak sedang gemar mencoba melakukan apa saja dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Hal ini mendorong mereka melakukan berbagai percobaan termasuk dengan menggunakan anggota tubuhnya. Pada umumnya, anak berkembang menjadi pribadi yang lincah, suka berlari, memanjat, dan menjelajahi tiap ruang, lorong besar dan kecil. Anak juga suka melompat bahkan jungkir balik. Anak usia tiga tahun juga sudah mampu mengendalikan gerak tubuh dengan baik, dengan didorong oleh rasa ingin tahu yang sangat besar, anak akan siap melesat menjelajahi lingkungan apa pun dan di mana pun tanpa kenal rasa takut.

Kegiatan yang sangat disukai oleh anak usia tiga tahun adalah meniru aktivitas guru, orang tua atau pembimbing mereka. Kegemaran lainnya adalah mengendarai sepeda roda tiga saat koordinasi mata, tangan, kaki, dan keseimbangan anak telah berfungsi dengan baik.

Sementara itu, perkembangan motorik halus anak usia tiga tahun juga kian sempurna. Anak semakin mahir menggenggam dan menjumput berbagai benda kecil. Kemampuan mengendalikan gerak otot-otot halus pun membuat mereka semakin senang menggambar, menggunting, dan bermain tangkap dan lempar bola.

Keterampilan motorik halus yang meliputi gerakan kecil menggunakan jari tangan, lengan, dan pergelangan tangan sangat tergantung pada kematangan otak. Fungsi otak akan semakin baik dan sempurna jika keterampilan motorik anak usia tiga tahun sering digunakan dan dilatih. Pentingnya menggunakan dan melatih instrumen2 organ motorik halus akan mendukung keterampilan fisik dan mental anak.

Perkembangan bahasa pada usia tiga tahun membuat anak mampu menguasai seribu kata dan paham sekitar delapan puluh persen diantaranya. Bahasa yang digunakannya pun bukan lagi bahasa yang hanya dimengerti oleh dirinya sendiri. Komunikasi dengan orang lain pun menjadi kian lancar. Proses Tanya jawab dapat berlangsung secara sederhana dan anak pun sudah pandai bercerita dengan kalimat khas anak-anak. Maka tidak mengherankan kalau anak usia tiga tahun sudah mampu bertanya, menjawab, memberitahu, mengkritik, bahkan memberi perintah serta mengucapkan bentuk-bentuk kalimat layaknya orang dewasa.

Perkembangan emosi dan sosial anak usia tiga tahun telah sampai pada tahap mampu mengekspresikan keinginannya dengan benar melalui bahasa tubuh dan raut wajah. Anak-anak semakin menyadari bahwa mereka dapat dengan mudah menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitarnya. Namun, emosinya belum berkembang sempurna. Mereka masih belajar mengenali dan mengendalikan emosinya sehingga suasana hati pun sering berubah-ubah. Oleh karena itu, peran orang tua sangat diperlukan untuk mematangkan dan mengelola emosi anak-anak ini.

Dalam segi sosialisasi, anak sudah mampu menyesuaikan diri dengan orang lain di lingkungan sekitar. Mereka mudah bersikap ramah dan berkenalan dengan orang baru. Dengan kata lain, anak mudah berteman dan akrab dengan siapa pun.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: