Posted by: mediasholeha | August 6, 2012

Tumbuh kembang anak (1)

 1 TAHUN

By: Dra. Med. Helyantini Soetopo, S. Psi

Pada usia satu tahun, anak mulai mengembangkan berbagai kemampuan dasar yang merupakan penyangga utama dalam pertumbuhannya menjadi manusia dewasa. Kemampuan dasar itu adalah keterampilan motorik kasar dan halus, kekuatan otot-otot tubuh, kesehatan fisik dan psikis, kemampuan kognitif, dan keterampilan mengembangkan emosi serta sosialisasi.

Secara fisik, anak usia satu tahun memiliki organ-organ tubuh yang masih dalam proses pertumbuhan. Dengan demikian, anak masih bergantung pada orang-orang dewasa, terutama yang paling dekat dalam kehidupannya sehari-hari seperti orang tua. Hal ini guna mengembangkan semua kemampuan yang sangat mereka butuhkan utnuk belajar, membentuk interaksi dengan orang lain serta untuk bekal menjalani kehidupan yang produktif dan bahagia di masa datang.

Perkembangan motorik kasar anak usia satu tahun yang tampak antara lain adalah mampu duduk sendiri dengan mantap tanpa ditopang. Ia tidak hanya mampu mengangkat tubuh dan berdiri, namun ia juga bisa menekuk lutut dan kembali duduk setelah berdiri. Umumnya, anak memang sudah dapat mengarahkan tubuh, namun agar tidak bergerak di luar kendali, kemampuan ini membutuhkan banyak stimulasi dan latihan.

Kemampuan fisik yang tergolong sulit ini juga tidak dilakukan secara bersamaan dan simultan pada setiap anak di kelompok usia satu tahun. Dengan kata lain, rentang waktu yang dibutuhkan setiap anak untuk menjadi mahir dalam kemampuan tersebut tidaklah sama, seperti halnya kesiapan saat melangkahkan kakinya pertama kali.

Kemampuan motorik halus anak usia satu tahun ditandai dengan kemampuannya mengendalikan anggota tubuh dan mengembangkan preferensi dominasi tangan kanan dan kiri. Sehingga mereka mulai bias memegang benda hanya dengan menggunakan satu jari dan ibu jari, serta dapat memindahkan benda yang digenggam dari satu tangan ke tanagn yang lain. Salah satu dari hasil kemampuan itu adalah anak semakin mahir menyuapkan makanan ke dalam mulut dengan menggunakan sendok.

Kemudian, proses perkembangan kemampuan bahasa anak usia satu tahun sudah mencapai tahap mengucapkan paduan suku kata yang emngandung makna tertentu, mampu emnggunakan hamper seluruh bahasa tubuhnya dan mulai mengembangkan keterampilan melafalkan kata-kata sebagaimana mestinya. Lalu, kata-kata yang diucapkan anak pun sudah memiliki pola yang ditandai dengan adanya intonasi saat berbicara.

Kemampuan emosional anak usia satu tahun memang belum berkembang stabil. Namun, mereka sudah bias memilih baju atau sepatu yang disukainya. Anak-anak juga sudah bias membedakan benda yang bersih dan benda yang kotor. Sehingga, ia bias menolak bila diberi benda yang menurutnya kotor. Sedangkan ketertarikan pada teman sebaya mewakili kemampuan bersosialisasi di tahun pertama kehidupannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: