Posted by: mediasholeha | August 19, 2011

Bagaimana caramu mengajar iqro’?

Teman-teman, boleh dishare nih pengalaman teman2 mengajar iqro’. Lebih fokus pada anak-anak usia Sekolah Dasar (SD). Saya agak mengalami kesulitan. Beda dari biasanya. Berbeda pula dengan mengajar di TPA atau mengajar orang tua. Hal ini disebabkan karena tempat saya mengajar itu masuk jam ke nol (jam6-7.30 pagi). Sedangkan anak-anak datangnya tidak bersamaan. Tidak bisa memakai cara klasikal. Bisanya secara privat, satu persatu bergantian. Ada 4 pengajar dan sekitar 26 murid.

Yang namanya anak-anak pasti punya karakter yang berbeda. Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Dan itu tergantung pada kebiasaannya sewaktu kecil. Agak repot ketika mendapati anak yang maunya ngaji iqro’ setelah pengajar menyimak ceritanya panjang lebar. Sehingga mau dan bisa membaca iqro’ dengan senang serta sedikit kesalahan. Habis itu masih cerita-cerita lagi. Tapi ketika pengajar mempersilahkan anak tersebut untuk langsung membaca iqro’, maka bacaannya banyak yang salah (ga konsentrasi). Padahal waktu yang disediakan terbatas. Dan setelah ngaji iqro’ anak-anak sudah diajak guru mereka untuk bersiap shalat dhuha.

Ada lagi anak yang ngambek karena tidak lanjut (ulang) untuk halaman yang dibaca saat itu. Hal itu terjadi salah satunya karena target di sekolah yang menetapkan waktu 4 bulan dari iqro’ sampai Al Qur’an. Pengajar dipesan untuk bisa membimbing anak agar bisa khatam iqro’ setelah 4 bulan masa belajar. Menurut saya itu bukan hal yang mudah. Dan tentunya tidak semua anak mempunyai kemampuan yang sama untuk bisa meraihnya. Ada yang sudah sampai jilid 6, 5, 4, 3, 2, bahkan ada yang baru jilid 1.  Pertanggungjawabannya berat. Sedangkan dari saya pribadi kalau belum benar ya tidak lanjut. Memang begitu kan seharusnya…^__^.

Bagaimana denganmu? Adakah cara/metode belajar iqro’ yang menyenangkan untuk anak-anak?


Responses

  1. ada…

  2. ukh, coba pakai alat peraga.. ada 3 yang di pakai.. yang 1. bentuknya buku, yang ke 2 lembaran sebesar kertas asturo nach yang terakhir bentuknya kecil2.. kira2 kita butuh waktu 30-60 menitan.. di awal, kita nunggu sampai minimal ada sebagian adek2nya dateng,, ya sekitar jam 6.30 anti bisa mulai.. antara jam 6-6.30 anti bisa gunakan untuk maen-maen dengan adeknya.. setelah jam6.30 anti bisa kondisikan adek2nya dengan lagu naek kereta api/ lg terserah tujuannya agar mereka masuk kelas dengan baris semacam pengkondisian awal.. nach kalau dah di ruangan 5 menit buat pembukaan dengan memakai tepuk tenang/ tepuk anak sholeh.. setelah itu doa pembuka surat Alfatihah dkk.. nach, setelah adek2 tenang dan terkondisikan di kelas baru mulai iqro’nya ukh, kartini kemarin pakai alat peraga, minimal 1 hari adek2nya hafal 3 huruf tapi kalau di usia paud minimal 1 hari 1 huruf ukh tujuannya agar makhrojnya bisa bagus dan mereka hafal tulisannya.. nach cara mengajarkannya pakai lagu. contoh: kita ambil huruf a,, kita nyanyikan lagu: ini dibaca ‘a’, 1 di kanan ‘a’, 1 di kiri ‘a’, 1 di di depan ‘a’, 2 di depan ‘a’,, intinya pinter2nya kita membawa suasana adek2nya.. kalau masih bingung dengan penjelasan kartini sms ja ukh.. ntart kalau boleh coba kartini pinjamin abi dulu alat peraganya, kalau boleh insyaAllah pas ke jogja nanti kartini bawakan sample alat peraganya.

  3. kartini juga baru mempraktekan metode dari abi di bulan puasa ini dan Alhamdulillah hasilnya di luar yang kartini bayangkan dan mereka juga cukup terkondisikan, ketika nmenggunakan buku tiap orang dapat jatahn membaca 1 baris, jadi mereka akan membaca halaman secara bersamaan. ketika santri 1 membaca baris1, santri sebelahnya membaca baris ke2, santri sebelahnyalagi membaca baris ke tiga dst.. setelah semua santri membaca 1 baris kembali lagi ke santi pertama tapi membaca baris 2.. dst.. terkait hasil,, santri akan berkembang secara bersamaan/ serempak ndak ada yang lebih cepet dan terlambat.. jadi ini juga akan menjaga emosional mereka… memang di awal sempat putus asa karena lgunya kartini ndak hafal2dan sering salah temponya tapi seiring berjalannya waktu bisa juga dan Alhamdulillah sekarangpun dah mulai lancar menggunakan metode ini.. metode ini juga akan efektif meskipun kapasitas santri kecil maupun besar.. o ya lagunya pakai lagu ross, ukh..

  4. metode tadi bisa di terapkan untuk semua kalangan dari anak paud sampai orang tua.. kalau saran kartini mulai diadakan tes awal dulu aja ukh, buat pengelompokan.. mana yang makhrojnya dah bagus dan mana yang belum.. nach yang sudah bagus makhrojnya 1x pertmuan bisa langsung 4 halaman… insyaAllah dalam waktu 4 bulan adek2nya bisa membaca Al-qur’an dengan bagus ukh.. wallahua’alam

  5. Alhamdulillah jazakillah ya ukht. Biasanya adik2 dtgnya ada yang jam7. Met mudik dan birul walidain ya ukhty tini dan kats jg..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: