Posted by: mediasholeha | May 20, 2010

MengHadiri unDangan ALLAH

Hari ini adalah hari Kamis. Tanggal 17 Mei 2010 kemarin  hari buku lho… Sudahkah Anda membaca hari ini ???.

Aku sudah membaca. Dan aku akan sedikit bercerita tentang apa yang aku baca pagi ini. Buku yang aku baca adalah buku “Kerinduan Seorang Mujahid”. Yang akan aku ceritakan disini adalah tentang seorang arab badui.

Begini ceritanya…

Ada seorang gubernur yang fenomenal dalam catatan sejarah Islam yang bernama al Hajjaj. Mendengar namanya saja bagaikan menebar aroma kematian…. Suatu ketika gubernur al Hajjaj beserta rombongannya melakukan perjalanan menuju Mekkah di siang yang terik. Namun di tengah perjalanan itu mereka berhenti untuk beristirahat. Al Hajjaj meminta pengawalnya untuk segera menyiapkan makan siang. Tak lama kemudian makan siang pun siap di hadapan al Hajjaj. Tapi al Hajjaj tidak segera menyentuh makanan itu, sepertinya ada yang kurang. Al Hajjaj ingin makan makanan itu bersama seorang arab badui.

Setelah cukup lama mencari, didapatlah seorang arab badui yang kemudian dibawa menghadap sang gubernur itu. Al Hajjaj mengajak makan. Merupakan sebuah keistimewaan jika al Hajjaj yang dikenal sangat menakutkan itu tiba-tiba mengajak orang arab badui itu makan siang bersama. Akan tetapi, orang  arab badui itu tidak bisa memenuhi ajakannya. Al Hajjaj terdiam. Para pengawal yang mendengar hal itu terhenyak. Al Hajjaj pun menanyakan mengapa orang arab badui itu tidak bisa makan bersamanya.

“Ada yang lebih mulia dari Anda yang telah terlebih dahulu mengundangku, maka akupun memenuhi undangannya, “jawab si badui tanpa ragu sedikitpun.

Orang-orang menahan nafas. Mereka membayangkan lantai kemah itu akan bersimbah darah…

“Siapa yang kau maksud lebih mulia dariku yang telah mengundangmu itu??” al Hajjaj semakin penasaran.

“Allah, Tuan. Iya, Allah Azza wa jalla telah mengundangku untuk berpuasa, maka akupun memenuhi undangan itu.”

“Tapi di siang yang sepanas dan seterik ini???” Tanya al Hajjaj keheranan.

“iya Tuan,” jawab badui itu. “Tuan tahu kenapa? Karena aku menyiapkannya untuk suatu hari yang kelak jauh lebih panas dan menakutkan dari hari ini…,” lanjutnya mantap.

“Hari apa itu???”

“Hari kiamat, Tuan”

Suasana kemah pun hening. Hingga al Hajjaj terus membujuknya.  Si arab badui itu pun memberikan satu syarat. Yaitu, ia akan bersedia berbuka asalkan al  Hajjaj memberikan jaminan bahwa Allah masih membiarkannya hidup hingga esok.

Al Hajjaj dan semua yang disana terhenyak. Bagaimana mungkin al Hajjaj member jaminan itu, karena hanya Allah yang dapat memberikan itu untuk orang badui tersebut. Al Hajjaj pun kehabisan akal. Hingga akhirnya ia mengatakan bahwa itu adalah makanan yang sangat lezat dan nikmat. Orang badui itu pun membenarkan bahwa makanan itu memang lezat dan nimat karena Allahlah yang membuatnya nikmat dan lezat. Kesehatan dan kelapangan dari Allahlah yang membuat makanan itu terasa nimat dan lezat. Jika saja nikmat kesehatan dan kekuatan itu tak diberikanNya, maka makanan selezat apapun tak akan terasa kenikmatannya…

Ia tak membatalkan puasanya. Setelah mengucapkan kata-kata terakhirnya, ia segera keluar dari kemah al Hajjaj.

Hari itu, makan siang al Hajjaj sungguh tak nikmat dan lezat.

Jadi hikmah itu sungguh berada di mana saja. Terutama dalam kesederhanaan. Maka jangan pernah sekalipun meremehkan kesederhanaan. Suatu saat, jika engkau berjumpa dengan manusia yang membawa kesederhanaan, mintalah padanya untuk dido’akan kebaikan. Mungkin saja ia adalah seorang ahli hikmah.


Responses

  1. kisah yang inspiratif Ukh …. keren..keren…

  2. spt kisah utsman bin ‘affan radhiyallaahu ‘anhu sebelum beliau dibunuh, beliau bermimpi bertemu nabi dan beliau dlm keadaan berpuasa ketika dibunuh. cmiiw. wallaahu a’lam.

  3. *) greenleaves
    🙂
    ditunggu kehadirannya kembali di dunia maya pak…
    pasti banyak cerita yang bs dibagi…^^

    *) arifromdhoni
    bagaimana kisah lengkapnya? blh dibagi?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: