Posted by: mediasholeha | November 15, 2009

Ukhuwah itu mendahului tsiqoh

Ketika kita punya teman, sudah saling mengenal, memahami, tolong menolong, dan tingkatan yang tertinggi yaitu mendahulukan teman yang lain, berarti kita sudah berukhuwah secara sempurna. Dengan begitu akan ada rasa percaya diantara kita. Begitu juga kaitannya dengan qiyadah dan jundi. Di lembaga misalnya, ada instruksi dari qiyadah, ketua SKI, untuk membersihkan masjid. Secara tidak langsung para PH dan staf-stafnya melaksanakan instruksi itu dengan mengharap ridho Allah. Bukan untuk kepentingan pribadi, untuk qiyadah, ataupun yang lain. Bahwasannya, ketika kita sudah berukhuwah dengan baik, karena satu aqidah tentunya, kepercayaan itu akan hadir. Coba saja ketika kita belum kenal sama sekali pada X, kemudian X meminta kita ke suatu tempat. Pasti kita tidak akan mudah percaya begitu saja.

Mengkritisi dan sekaligus mengajak kepada teman-teman semua, terutama untuk para aktifis. Bagaimana ukhuwah yang telah dibangun. Saya sering mendengar ketika mubes atau semacam evaluasi lembaga di kampus, “…….ini karena ukhuwahnya kurang.” Misalnya saja, ada teman yang ga bisa datang syuro’, dibiarkan saja. Sebaiknya kan dicari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan teman tersebut. Rasulullah berpesan agar prasangka “buruk” itu jangan sampai terlontar secara lisan. Senantiasa berpikir positif itu jauh lebih baik. Seperti kata teman saya, ketika ada acara, kok salah satu atau salah dua temannya tidak hadir, maka teman-teman yang lain berusaha mencari 10 alasan mengapa temannya tersebut tidak hadir. Ini bisa melatih pikiran kita untuk senantiasa berpikir positif.

Fenomena ikhwan curhat pada akhwat atau sebaliknya. Ini sering terjadi, saya sendiri pernah mengalaminya. Sebenarnya kenapa sih kok bisa terjadi?. Itu karena ukhuwah yang kurang baik dengan sesama teman ikhwan atau akhwat. Selain tidak syar’i, bisa menimbulkan fitnah. Atau sering kita dengar aktifis itu orang mushola. Hanya teman-teman yang di mushola atau sesama aktifis aja yang di sapa. Padahal saya pernah denger hadits yang menyebutkan bahwa tanda-tanda kiamat itu salah satunya ketika kita salam (menyapa) hanya pada orang yang kita kenal saja.

ukhuwah

Yuk teman-teman, mulai sekarang, kita semangat!. Biasakan salam, tidak hanya kepada orang-orang yang kita kenal saja, tapi kepada semuanya. Sama-sama memperbaiki ukhuwah kita yang selama ini masih rapuh. Menyapa tidak hanya ketika ada kepentingan saja. Membiasakan diri berpikir positif. Dan mulai sekarang, saat ini. Kalau bukan kita, siapa lagi???…


Responses

  1. hubungannya ukhuwah dengan tsiqoh? (tidak ada penyebutan tsiqoh di pembahasan)

    btw, jika mencarikan alasan ketidakhadiran tentu saja tidak mendidik, tapi jika mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, insyaallah itu lebih baik. wallaahu a’lam.

  2. kalau kita sudah berukhuwah/ bersaudara, pasti akan ada kepercayaan pd saudara kita. iya, sebelum mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, mencari alasan ketidak hadiran itu untuk meminimalisir prasangka negatif kita. wallahua’lam.

  3. boleh dijelaskan, apa yg dimaksudkan tsiqah di sini? jika yg dimaksud adalah rasa saling percaya, mungkin bahasa yg tepat bukan “tsiqah”, cmiiw.

    jika hendak menghilangkan prasangka negatif, mungkin dengan tidak mengungkitnya / membesarkannya sebelum jelas alasan yang sebenarnya. wallaahu a’lam.

  4. ooo… tsiqoh ma tsiqah beda ya?. Afwan, yang saya maksud tsiqah = percaya.

  5. ‘Afwan, menurutku tsiqah dan tsiqoh hanya berbeda transliterasinya (penulisan dalam tulisan latin) saja. Hanya, penggunaan kata “tsiqah” di sini kurang tepat jika hendak dimaknai rasa saling percaya antar saudara. CMIIW. Mungkin yang dimaksud adalah tafahhum (saling memahami)?

  6. oke, syukron ya…

  7. atik.. mbak kangen deh.
    Percaya sama berpikir positif tuh sama kah?

  8. *) mb niefha…
    sama mb…:) sms terakhir dr mb niefha do’a mau tidur. hehe…
    beda mb.. tapi saling berkaitan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: